5 Cara Meredakan Stres Saat Hamil

5 Cara Meredakan Stres Saat Hamil – Stres merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya sangat banyak dan bervariasi pada masing-masing ibu hamil. Namun yang pasti, jika seorang ibu hamil mengalami stres, mau tidak mau harus segera dikendalikan agar tidak berimbas pada kehamilannya. Dalam hal ini, kehamilan dapat terganggu jika stres dibiarkan berlarut-larut. Bagaimana cara meredakan stres pada ibu hamil? Akan diulas lengkap dalam artikel ini.

Ini dia 5 cara meredakan stres saat hamil yang bisa Anda coba

Cara Meredakan Stres Saat Hamils

Pertama, jalan-jalan

Jalan kaki ternyata dapat menurunkan kadar stres dan meredakannya secara bertahap. Anda tidak perlu berjalan jauh, cukup berjalan mondar-mandir dengan kecepatan lambat pelan di sekitar rumah Anda untuk meredakan stres tersebut.

Kedua, mendengarkan musik kesukaan

Musik merupakan salah satu hal yang bisa memberikan stimulus yang baik untuk otak dan pikiran Anda. Saat stres datang melanda, mulailah menyetel musik dan mendengarkan lagu yang Anda senangi. Ini akan membantu menurunkan stres dalam waktu yang relatif singkat. Cara yang sama bisa Anda lakukan saat tidak hamil sekali pun.

Ketiga, bersantai dan dimanjakan

Bersantai dan memanjakan diri juga menjadi salah satu cara meredakan stres saat hamil yang bisa dilakukan. Bersantai bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah maupun di salon kecantikan. Spa bisa Anda lakukan untuk melepas rasa lelah dan rileks di sana sementara Anda memanjakan diri.

Keempat, menganalisa penyebab stres dan menghindari hal tersebut

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stres. Anda perlu menganalisa dan mengidentifikasi penyebab stres Anda dan melakukan tindakan pencegahan jika memang bisa. Jika stres bisa muncul saat Anda berada di tempat yang ramai, maka jangan datang ke tempat itu. Atau jika stres datang dari omongan orang di sekitar Anda, maka mulailah untuk cuek dan hidup dengan cara Anda sendiri.

Baca Juga: 4 Tips dan Trik Berlibur Saat Hamil

Kelima, jangan paksakan diri

Jangan memaksakan diri Anda untuk melakukan hal-hal di luar kemampuan Anda. Mandiri boleh tetapi Anda perlu membatasi diri karena sekarang sudah hamil. Dengan pembatasan diri ini, Anda akan jauh lebih mudah dalam mengontrol emosi dan tingkat stres. Lakukan semuanya sesuai dengan porsi Anda dan mintalah bantuan ketika Anda sudah mulai kewalahan menangani sesuatu. Dengan berpikir secara terbuka, Anda tidak akan mudah terbebani. Yang itu artinya, tidak mudah stres lagi.

Demikian lima cara meredakan stres saat hamil yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Salam – femalist.com

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post