Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan dan Kesehatan – Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, kulit pisang pun memiliki manfaat yang sangat banyak. Manfaat ini bahkan dikaitkan dengan masalah kesehatan dalam dunia medis dan kecantikan pada perempuan. Sebagian masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di desa ada yang mengonsumsi kulit pisang. Namun sebagian besar masyarakat memandang aneh jika ada orang yang mengonsumsi kulit pisang ini. Sedangkan di India sendiri, makan kulit pisang sudah biasa dilakukan. Apa sebenarnya khasiat kulit pisang untuk kecantikan dan kesehatan?

Ini dia beberapa manfaat kulit pisang untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat kesehatan

Hal pertama yang akan kita bahas adalah manfaat dari kulit pisang untuk kesehatan. Dalam hal ini, kulit pisang mengandung banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Bahkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2011 di dalam Applied Biochemistry and Biotechnology disebutkan bahwa kulit pisang mengandung polifenol dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan. Membuang kulit pisang berarti membuang antioksidan. Sebaliknya, dengan mengonsumsi kulit pisang, Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak antioksidan.

Padahal, dua kandungan yang disebutkan tadi, polifenol dan karotenoid memiliki manfaat yang sangat baik kesehatan jantung dan masalah kesehatan lainnya. Bahkan memiliki manfaat untuk mencegah kanker, serangan jantung, hingga diabetes.

Selain manfaat di atas, khasiat kulit pisang untuk kesehatan juga berhubungan dengan;

  1. Psoriasis
  2. Sebagai pereda nyeri
  3. Menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk
  4. Mencegah katarak
  5. Membantu menghilangkan kutil

Manfaat kecantikan

Manfaat kulit pisang untuk kecantikan dan kesehatan sudah tidak terbantahkan. Kulit pisang yang selalu dibuang itu sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, untuk memberi makan binatang peliharaan, dan yang lainnya. Khusus untuk perempuan, manfaatnya dituliskan sebagai berikut;

Pertama, memutihkan gigi

Perlu Anda tahu kalau kulit pisang ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Anda bisa menggosokkan kulit pisang ke gigi Anda selama 1 menit setiap hari selama satu Minggu. Lakukan secara rutin dan dapatkan manfaat baiknya.

Baca Juga: Manfaat Sari Kurma Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Kedua, mencegah keriput

Keriput atau kerutan pada wajah juga bisa dicegah dengan menerapkan kulit pisang pada wajah. Anda bisa mencampurkan kulit pisang dengan kuning telur kemudian terapkan pada wajah dan biarkan selama 5 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin.

Ketiga, membantu menghilangkan jerawat

Pijatkan kulit pisang ke wajah yang berjerawat selama 5 menit dan lakukan selama seminggu berturut-turut atau terapkan hingga jerawat di kulit hilang.

Untuk mendapatkan manfaat kulit pisang untuk kecantikan dan kesehatan di atas, Anda harus memastikan bahwa kulit pisang yang Anda dapatkan masih segar dan sudah dicuci hingga bersih.

Salam – femalist.com

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post