Home » Fashion » Baju Muslim » Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami

Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami



Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami – Memiliki baju batik atau kain batik yang menggunakan pewarna alami memang memiliki perbedaan dalam hal perawatan. Kain tradisional dengan pewarna alami ini bisanya menggunakan daun tom, daun mangga atau pun daun rambutan dalam pewarnaannya. Merawat kain semacam ini tidak bisa sembarangan. Anda juga tidak bisa merawatnya seperti merawat kain biasa atau kain batik sintetis. Ada trik khusus yang harus Anda kuasai supaya kain batik terlihat lebih kinclong dan tidak mudah luntur termakan usia. Kami akan sajikan cara merawat dan trik perawatan okenya dalam artikel ini. simak.

Ini dia cara merawat kain batik dengan pewarna alami yang bisa Anda terapkan

Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami

Gunakan perawatan alami

Karena bahan yang digunakan alami, maka Anda juga bisa menerapkan cara alami pula dalam merawatnya. Yakni menggunakan daun dilem atau kerak. Namun jika ini sukar Anda dapatkan, Anda bisa menggunakan trik lainnya yang juga akan kami bahas dalam artikel ini.

Gunakan sampo

Cara kedua sebagai alternatif saat Anda tidak menemukan dilem adalah dengan menggunakan sampo saat mencuci. Sampo sangat disarankan karena teksturnya lembut. Anda juga bisa menggunakan deterjen lembut sebagai alternatif saat sampo Anda habis. Anda bisa merendam tetapi jangan kelamaan.

Gunakan pewangi

Jika tidak ada sampo atau sedang habis, Anda bisa mencucinya menggunakan pewangi saja. Tekstur dari pewangi juga hampir sama dengan sampo sekaligus memiliki wangi yang lebih cocok dengan pakaian.

Jangan sering dicuci

Sebaiknya, Anda tidak sering mencuci kain batik, khususnya yang polos agar tidak cepat luntur atau hilang.

Baca Juga: Memilih Baju Dress Songket Modern Murah

Angin-anginkan setelah dipakai

Jika Anda memakai batik setengah hari saja dan tidak sering, maka Anda cukup mengangin-anginkan saja kain batik tersebut. Tidak perlu di bawah terik matahari langsung, cukup gantung di daerah yang aliran udaranya bagus.

Bagaimana jika dipakai seharian

Jika Anda memakainya seharian, maka segeralah cuci kain batik alami Anda menggunakan pewangi. Jangan direndam, cukup dicelup, dicuci, bilas dan sudah selesai.

Ingat, dalam cara merawat kain batik dengan pewarna alami ini Anda tidak disarankan menggunakan mesin cuci. Mencuci secara manual dinilai lebih baik dalam tips cantik dan fashion ini.

Tags:, , , bahan alami agar kain batik tdk luntur com, cara agar pewarna batik alami tidak mudah luntur, perawatan pewarna batik.