Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke – Pernikahan menjadi satu hari yang paling dinantikan oleh pasangan yang di mabuk asmara. Ini menjadi satu langkah baru yang harus dilalui untuk membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah. Tak heran jika persiapan untuk pernikahan begitu sangat ribet dan kadang membuat seseorang merasa stres. Salah satunya adalah persiapan untuk suvenir yang akan diberikan kepada tamu undangan yang telah menghadiri acara pernikahan tersebut. Sama dengan persiapan pernikahan lainnya, persiapan suvenir pernikahan juga membutuhkan pemikiran yang panjang dan detail. Suvenir merupakan tanda terima kasih Anda kepada tamu undangan karena telah hadir sehingga konsepnya harus dipilih dengan sangat selektif.

Banyak sekali jenis suvenir pernikahan yang ada di Indonesia, dan ini terkadang membutuhkan waktu tersendiri bagi calon pengantin untuk memilih, manakah suvenir yang paling cocok untuk pernikahannya. Agar tidak salah dalam memilih atau kecewa nantinya, kami akan memberikan gambaran mengenai cara terbaik dan tips memilih suvenir pernikahan yang pas dan sesuai. Silakan simak ulasan kami di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Ini dia cara, trik, dan tips memilih suvenir pernikahan yang pas berikut contoh suvenirnya

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke - 1

Pertama, diskusi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiskusi antara kedua pasang calon mempelai. Langkah pertama ini amat sangat penting dilakukan sebelum dan saat memilih suvenir untuk pernikahan mereka. Bagaimana pun, tamu undangan yang akan hadir tidak hanya teman bagi satu orang saja, namun kedua pasangan. Teman dari calon mempelai lelaki belum tentu teman bagi calon mempelai perempuan. Bisa jadi calon pasangan belum sempat mengenalkan teman masing-masing. Untuk itu, setiap calon mempelai pasti memiliki pertimbangan sesuai dengan karakter dari teman mereka masing-masing. Dan tentu saja, yang tahu adalah masing-masing calon. Jadi, perlu diskusi dulu.

Kedua, tetapkan anggaran minimal dan maksimal

Ada banyak orang yang ingat untuk mengatur anggaran, tetapi lupa untuk memisah, mana anggaran minimal dan mana pula anggaran maksimal. Padahal sebenarnya, memisahkan anggaran ke dalam minimal dan maksimal amat sangat penting dalam tips memilih suvenir pernikahan yang pas. Dengan menetapkan anggaran minimal, Anda akan jauh lebih tahu dana yang bisa Anda habiskan untuk suvenir. Jika anggaran minimal bisa dicapai, maka uang sisa dari anggaran maksimal dan minimal pun bisa dipakai untuk keperluan persiapan pernikahan lainnya.

Hal ini berlaku juga untuk dana yang terpakai berada di antara rentang anggaran minimal dan maksimal. Uang sisanya pun masih bisa digunakan untuk keperluan lain. Sementara jika memang terpaksa, anggaran maksimal bisa digunakan. Bahkan, dengan cara ini pun bisa terjadi pembengkakan biaya. Meski tidak sebesar ketika anggaran yang ditetapkan hanya satu, yakni maksimal. Jadi, mana yang akan Anda pilih? Hanya menetapkan anggaran maksimal atau menetapkan anggaran maksimal dan minimal seperti yang disajikan dalam tips memilih suvenir pernikahan yang pas poin dua ini.

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke - 2 souvenir potongan kuku

Ketiga, pastikan jumlahnya sudah benar

Tips memilih suvenir pernikahan selanjutnya adalah menetapkan jumlah souvenir yang akan dipesan. Hitung sekali lagi, jumlah undangan yang Anda sebar, teman yang tidak dikirimi undangan atau dikasih tahu lewat mulut atau yang lainnya. Hitung semuanya, karena terkadang, jumlah tamu yang datang membengkak, melebihi undangan yang Anda sebar. Pastikan Anda sudah mengantisipasi hal ini sebelum memesan suvenir. Alangkah baiknya jika jumlah dari suvenir lebih banyak ketimbang undangan yang Anda sebar. Sebagai bentuk antisipasi supaya tidak mengecewakan tamu yang datang

Keempat, beli secara grosir

Toko suvenir dan undangan sekarang cukup banyak di Indonesia. Untuk mendapatkan harga murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, Anda bisa membeli suvenir secara grosir. Biasanya, toko suvenir memberlakukan harga khusus jika Anda membeli dalam jumlah yang sangat banyak.

Kelima, jangan malu bertanya

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke - 3 Souvenir Kipas Ide Mengemas

Ini merupakan momen sekali seumur hidup, momen langka yang terjadi. Jadi, tips memilih suvenir pernikahan yang pas selanjutnya adalah dengan bertanya kepada banyak orang. Cari referensi, testimoni, dan informasi pendukung lainnya supaya Anda bisa mendapatkan suvenir yang paling tepat. Jangan malu bertanya kepada teman, kerabat, atau saudara yang telah lebih dulu menikah. Sehingga Anda tidak meraba-raba mengenai apa yang akan Anda beli.

Simak juga 11 inspirasi model sanggul untuk pernikahan anda.

Keenam, hunting harga dan toko

Jangan sampai salah sasaran saat hendak melakukan tips memilih suvenir pernikahan yang pas. Anda harus melakukan hunting harga supaya tidak tertipu dengan harga mahal padahal barangnya sama. Mulailah browsing di internet dan temukan suvenir dengan harga terjangkau namun menarik dan berkualitas. Temukan dulu secara online sebelum Anda berangkat ke toko-toko suvenir terdekat. Cari yang harganya murah dan mudah dijangkau oleh Anda sendiri. Dengan pengetahuan harga dari internet, Anda bisa memiliki perbandingan saat berkunjung ke toko. Apakah suvenirnya kemahalan atau tidak. Anda cukup menguji kualitasnya agar tips memilih suvenir pernikahan yang pas bisa benar-benar terjadi.

Ketujuh, suvenir yang bermanfaat

Pertimbangkan juga jenis suvenir yang akan Anda pilih, pastikan bahwa suvenir bisa dimanfaatkan oleh tamu undangan yang hadir. Ada banyak jenis suvenir yang bisa Anda pilih, misalnya suvenir keramik, kipas, celengan, suvenir bertema pengantin atau pajangan lainnya. Bahkan, Anda bisa memberikan suvenir berupa gelas, mangkok, mug, atau barang-barang lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh tamu undangan Anda. Namun sekali lagi, semua kembali pada budget pernikahan Anda. Inti dari tips memilih suvenir pernikahan yang pas ketujuh ini adalah bagaimana dengan dana yang minim, Anda bisa mendapatkan suvenir yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh tamu yang datang ke acara pernikahan Anda.

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke - 4 dengan Nama Pengantin dan Tanggalnya

Kedelapan, perhatikan cara mengemas atau kemasannya

Ada banyak cara yang biasanya dilakukan oleh toko suvenir untuk mengemas suvenir pernikahan seseorang. Menggunakan kayu, kertas, plastik mika, hingga plastik biasa. Intinya, perhatikan pengemasan, mau apa pun bungkusnya, pastikan bahwa suvenir pernikahan Anda dibungkus dengan rapi dan menarik. Pita menjadi salah satu komponen yang bisa membuat kemasan itu menjadi menarik. Perhatikan juga bagaimana kepiawaian dan kreativitas dari toko suvenir yang Anda pilih melalui hasil karyanya selama ini. Jika memang oke, Anda bisa memilih mereka menjadi partner Anda dalam membuat suvenir pernikahan. Simak tips memilih suvenir pernikahan yang pas selanjutnya.

Kesembilan, perhatikan ukuran suvenir

Jika Anda memilih suvenir, pastikan jangan lupa memperhatikan ukurannya. Misalnya, Anda memilih suvenir berupa sendok dan garpu, hindari memilih yang kecil karena nilai manfaatnya akan sangat kurang. Kecuali jika Anda memilih sendok dan garpu yang bisa digunakan terus menerus untuk makan. Ini baru bisa dikatakan bermanfaat. Maka dari itu, perhatikan betul ukuran suvenir yang hendak Anda berikan.

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Pas dan Oke - 5 Bungkus Mika Souvenir Kipas

Kesepuluh, nama pengantin perlu atau tidak?

Terakhir dalam tips memilih suvenir pernikahan yang pas kali ini adalah soal nama pengantin dan tanggal pernikahan, apakah itu perlu atau tidak. Sebagian mempelai merasa ini perlu karena suvenir merupakan kenang-kenangan. Namun, sebagian besar tamu undangan enggan menggunakan benda yang ada tulisan namanya. Nama pengantin itu semacam label yang akan mengungkap kalau barang yang digunakan seseorang merupakan hadiah dan suvenir dari pernikahan. Maka dari itu, sebaiknya hindari membubuhkan nama pengantin dan tanggal pernikahan di suvenir. Namun, jika memang terpaksa, Anda bisa menuliskan inisial pengantin saja, dan letakkan di tempat tersembunyi. Supaya tidak mudah terlihat.

Demikian tips memilih suvenir pernikahan yang pas dan dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. Dalam artikel ini kami juga sajikan contoh suvenir pernikahan yang bisa Anda jadikan sebagai ide dan inspirasi. Contoh foto suvenir pernikahan bisa langsung Anda lihat dalam artikel yang kami sajikan ini. Selamat memilih.

Salam – femalist.com

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post