Home » Kecantikan » 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

5 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa



Tips mengatasi bibir kering saat berpuasa Ramadhan 1436 H dan tahun-tahun berikutnya memang selalu dibutuhkan. Pasalnya, bibir kering dan pecah-pecah saat siang hari kita berpuasa adalah hal yang wajar sekali terjadi. Ini terjadi tidak hanya pada kaum perempuan saja, kaum lelaki pun mengalami hal yang sama. Untuk itu, diperlukan tips terbaik untuk mengatasi masalah bibir kering, khususnya saat berpuasa.

Ini dia 5 cara mudah mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa

Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Makanan yang harusnya dikonsumsi

Ketika Anda sahur, usahakan untuk mengonsumsi banyak air putih, supaya cairan tubuh terjaga di siang harinya. Saat berbuka pun hal ini harus Anda lakukan. Air putih selain bermanfaat untuk menjaga cairan tubuh juga bisa menjaga kelembaban kulit, termasuk bibir Anda. Selama berbuka, waktu antara sahur dan berbuka, serta saat sahur, usahakan untuk meminum air putih sebanyak 2 liter air. Di samping itu, makanan sehat berupa buah dan sayur, makanan berprotein, dan makanan bergizi lainnya juga harus Anda utamakan untuk dikonsumsi.

Makanan yang harusnya dihindari

Ada yang dikonsumsi, maka ada pula yang dihindari. Makanan pedas dan makanan yang digoreng merupakan di antara makanan yang harus dihindari. Tidak hanya itu, makanan asin juga menjadi makanan yang seharusnya dihindari.

Hindari menjilat bibir

Cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah ketika sedang berpuasa salah satunya adalah dengan tidak menjilat bibir menggunakan lidah. Atau menggunakan air liur untuk membahasinya karena sedang kering. Ini bukan solusi yang baik karena air liur justru bisa membuat kulit bibir makin kering. Dan tentu saja, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini sebagai bentuk cara untuk tampil tetap cantik dan oke di bulan puasa.

Pakai madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering. Caranya sangat mudah, cukup oleskan madu di bibir Anda sebelum tidur. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi madu plus air saat masa sahur tiba untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah ini. Baca juga panduan memakai lip gloss.

Perawatan bibir

Ada satu cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk perawatan pada bibir, yakni dengan mengelupas kulit mati yang ada di bibir Anda. Caranya sangat mudah, Anda cukup menggunakan sikat gigi Anda. Sebelumnya, pastikan bahwa sikat gigi itu memiliki bulu yang lembut dan tidak sakit ketika dipakai untuk menggosok bibir. Selanjutnya, Anda bisa mengusapkan air di bibir dan menggosokkan sikat gigi ke bibir tersebut. Akan sangat baik jika Anda menggunakan produk khusus untuk pengelupasan bibir. Pun ketika menggosokkan sikat gigi, lakukan secara perlahan sehingga kulit bibir tidak terluka. Sebaiknya, perawatan ini dilakukan seminggu sekali untuk mencegah dan mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah selama bulan puasa.

Demikian tips mencegah dan mengatasi bibir kering saat berpuasa Ramadhan 1436 H. Semoga bermanfaat.

Tags:, , , , makanan apa yang harus dihindari pada saat bibir kering, yang harus dimakan bibir pecah.