Home » Fashion » Tips Hemat Cermat Berbelanja Baju Saat Lebaran

Tips Hemat Cermat Berbelanja Baju Saat Lebaran



Baju lebaran menjadi kebutuhan bagi hampir semua muslim muslimah di hari raya Idul Fithri. Tak hanya pasar dan swalayan, kini toko online pun dibanjiri pesanan saat jelang Ramadhan. Terkadang karena ingin membeli yang baru, uang tabungan pun ikut terkuras. Ini tentu bukanlah tindakan yang bijak. Mengingat selama bulan puasa kita diajarkan untuk menahan diri dan mengontrol diri. Lantas, bagaimana cara mengontrol diri kita untuk berbelanja seperlunya dan sesuai dengan kemampuan kita?

Berikut tips hemat cermat berbelanja baju saat lebaran 2015 – Ramadhan 1436 H

Berikut tips hemat cermat berbelanja baju saat lebaran 2015 – Ramadhan 1436 H

Anggaran belanja

Sebaiknya siapkan anggaran belanja untuk baju-baju lebaran buat keluarga jauh-jauh hari. Mudah saja, Anda bisa menyisihkan sekitar 5 hingga 10% dari penghasilan Anda untuk hal yang satu ini setiap bulannya. Dengan begitu, pada saat lebaran pun Anda sudah memiliki anggaran sendiri dan siap membeli apa saja yang Anda butuhkan sesuai kemampuan Anda tanpa mengganggu keuangan yang lain.

Daftar belanja

Sekarang, saatnya Anda memikirkan apa yang akan Anda beli, buat siapa saja, berapa batas minimal dan maksimal uang yang akan Anda keluarkan. Buatlah daftar belanja secara rinci, supaya Anda lebih bisa memahami apa saja yang Anda butuhkan tanpa keluar dari daftar tersebut ketika Anda sudah berada di toko/swalayan.

Lebih bijak

Ketika Anda sudah memiliki beberapa pilihan baju, sebaiknya timbang berulang-ulang kali, atau jika perlu buat perbandingan dari satu toko ke toko lainnya. Cara ini akan membuat Anda lebih yakin sebelum membeli serta menghindari rasa menyesal jika ada toko lain yang menjual baju Anda dengan harga yang lebih murah.

Pilih baju dengan cermat sebelum membeli

Teliti dulu mulai dari bahan, model, dan warna, apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. Cermatlah dalam memilih baju yang sesuai pilihan. Supaya lebih mudah dalam mendapatkan baju yang Anda inginkan. Jangan tergesa-gesa atau nanti akan menyesal.

Pakai uang tunai

Anda sudah menyiapkan anggaran dengan batas minimal dan maksimal, bukan? Coba sekarang anggaran itu diwujudkan saja dalam bentuk tunai. Bawa uang tunai untuk membayar sehingga Anda tidak memiliki kemungkinan untuk memakai uang di kartu debit maupun kartu kredit Anda. Dengan menyiapkan uang tunai, sangat kecil kemungkinannya belanjaan Anda akan membengkak. Sebab Anda sudah tahu batasannya.

Ajak teman

Jika ada teman Anda yang mengerti fashion dan sangat pintar menawar, berbelanja dengan cermat, maka sebaiknya ajaklah dia. Selain bisa diajak diskusi soal pakaian mana yang pas, teman juga bisa membantu mendapatkan pakaian atau baju lebaran islami terbaik.

Tergiur diskon? Jangan!

Ada diskon mukena besar-besaran? Eits, jangan tergiur dengan kalimat iklan jika Anda ingin mendapatkan yang murah. Bisa jadi sebelum didiskon, harga barang tersebut dinaikkan terlebih dulu. Artinya harga barangnya tetap sama mahalnya dengan sebelum diskon. Apalagi jika diskon sampai membuat Anda ingin membeli dan membeli lagi.

Itulah beberapa cara berbelanja hemat cermat murah baju saat lebaran 2015 nanti. Semoga bermanfaat ya?

Tags:, , , , , Tips hemat saat lebaran, cara hemat belanja baju lebaran, Tips belanja hemat saat lebaran, tips membeli baju, tips menghemat uang saat lebaran, anggaran belanja lebaran, trik mebeli baju saat ramadhan, menghemat budget beli pakaian, cara pintar membeli baju lebaran, cara menghemat uang untuk beli baju, cara mengatur belanja dan membeli pakaian, cara membeli pakaiAn di ramadan biar rada murah, cara hemat menyambut lebaran, cara hemat membeli baju, Cara hemat dalam membeli baju lebaran, cara hemat belanja pakaian, cara berbelanja pakaian, cara belanja pakaian lebaran.