Tips Aman Belanja Online Saat Ramadhan dan Lebaran 2024

Cara aman belanja online saat ramadhan dan lebaran 2024 1445 H kini menjadi pilihan sebagian umat muslim di Indonesia. Hal ini karena banyak sekali pengguna gadget juga semakin marak berdirinya toko online di Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam berbelanja serta harga yang cukup miring dan bersaing. Namun supaya belanja aman, kami akan sajikan beberapa cara mudah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama Anda berbelanja secara online. Simak.

Begini cara aman belanja online saat Ramadhan dan lebaran 2024 1445 H yang bisa Anda praktekkan

Tips Aman Belanja Online Saat Ramadhan dan Lebaran 2024 1445 H

Pertama, tidak mudah percaya

Langkah awal ketika Anda browsing mengenai kebutuhan Anda di dunia online adalah dengan membentengi diri Anda dengan sifat kritis. Anda harus banyak tanya supaya tidak tertipu. Namun, jangan terlalu kritis juga, supaya Anda tetap mendapatkan kepercayaan dari penjual barang tersebut. Jika ada diskon atas sesuatu, Anda juga jangan mudah tergiur. Apalagi jika diskon dan promo langsung masuk ke alamat email atau melalui gadget Anda.

Kedua, pelajari situs yang Anda masuki

Ketika Anda berada di sebuat situs atau toko online hijab misalnya, maka pelajari situs tersebut. Pastikan situs tersebut aman dan bukan dibuat untuk menipu orang lain. Teliti kapan situs itu didirikan dan bagaimana pengunjungnya. Sempatkan waktu Anda untuk mencari tetsimoni yang bisa jadi dipasang di situs tersebut. Pokoknya, buat rasa percaya Anda ada ketika berada di situs tersebut. Anda juga perlu mengecek produk yang akan Anda beli, asli ataukah palsu.

Ketiga, cek kembali barang yang Anda beli

Ketika Anda sudah memilih barang dengan teliti, cek kembali di keranjang belanja Anda. Apa saja yang akan Anda beli, berapa jumlah, dan berapa pula total belanjaan Anda. Jika memang ada yang keliru, segera lakukan hal-hal yang perlu dilakukan.

Keempat, cara bayar

Perhatikan cara pembayaran yang ditawarkan, apakah dengan kartu kredit ataukah dengan kartu debit seperti ATM. Ada banyak bank yang menyediakan layanan ini, dan lakukan semuanya dengan aman.

Kelima, bukti transfer

Setelah Anda transfer sesuai dengan total belanjaan, kini saatnya Anda menyimpan bukti transfer. Anda bisa memotret kemudian memberikannya kepada penjual dan atau memasukkannya dalam situs toko online yang Anda kunjungi tadi, upload bukti transfer untuk membuatnya makin aman.

Keenam, cek kondisi barang

Jika barang sudah sampai, cek kembali apakah barang sesuai dengan pesanan. Jangan sampai tertukar dengan orang lain apalagi ada yang cacat dan rusak.

Itulah beberapa trik aman berbelanja secara online saat Lebaran dan Ramadhan 2024 1445 H tahun ini. Tapi ingat ya, jangan terlalu boros. Ini tips dan caranya hemat saat belanja.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post