Home » Kesehatan Wanita » 4 Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

4 Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa



Puasa sebentar lagi, lho? Yuk simak tips cantik khususnya tips mudah mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan. Supaya puasanya makin lancar dan tetap bisa bergaul dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Begini Nih Tips Singkat Mengatasi Bau Mulut di Bulan Ramadhan

Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Memilih menu makanan yang tepat

Apa yang kita makan berpengaruh pada bau mulut kita. Untuk terhindar dari bau mulut yang menyengat selama berpuasa, kita disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu bau tak sedap dan menyengat seperti durian dan bawang. Makanan dengan bau tajam seperti ini bisa jadi mengganggu orang yang kita ajak bicara selama berpuasa.

Sebaliknya, untuk tetap segar sepanjang hari, memilih buah dan sayur merupakan salah satu cara dan solusi yang baik. Anda bisa mengonsumsi sayur wortel dan atau buah apel untuk mendapatkan kesegaran yang Anda inginkan.

Memilih menu minuman yang pas untuk puasa

Air putih adalah pilihan yang paling baik dalam menu minuman Anda selama berpuasa. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi saat buka, sahur, dan waktu di antaranya sejumlah kebutuhan kita sehari-hari. Penting sekali untuk mencukupinya supaya kita bisa bugar selama bulan puasa serta keseimbangan air terjaga.

Aturan menyikat gigi

Sikat gigi saat bulan Ramadhan tetap bisa dilakukan, lho? Yakni setelah makan dan sebelum tidur. Anda bisa menyikat gigi setelah buka puasa (di malam hari) atau sebelum tidur. Kemudian Anda juga bisa menyikat gigi di pagi hari setelah sahur. Supaya di siang harinya tidak perlu lagi menyikat gigi.

Soal pembersih mulut, sah-sah saja bila Anda ingin menggunakannya. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak. Sebab pemakaian pembersih mulut bisa mengganggu bakteri yang ada di mulut, baik bakteri jahat maupun bakteri baik. Sebaiknya jangan terlalu sering supaya tetap bisa menjaga kebersihan, kesehatan, dan kesegaran mulut secara lebih alami.

Hindari merokok

Jika Anda adalah seorang perokok, maka sebaiknya dihindari. Kenapa? Aktivitas merokok ini bisa mengakibatkan masalah gingivitis dan periodontitis. Kedua kondisi ini bisa menjadi pemicu parahnya bau mulut atau bau tak sedap pada mulut Anda.

Baca juga cara memutihkan gigi secara alami.

Meski memang tidak menghilangkan bau mulut seketika, cara mengatasi bau mulut selama berpuasa di atas bisa jadi tips mudah untuk mencegah bau mulut yang menyengat. Bagaimana pun, adalah hal wajar mulut kita akan tercium tak seperti biasanya saat sedang berpuasa. Toh, ini adalah hal positif sebab sudah dijelaskan dalam hadits kalau bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum jika dibandingkan bunga kasturi. Jadi, berpikir positif juga menjadi salah satu cara buat kita untuk tetap percaya diri dengan bau mulut yang apa adanya selama berpuasa. Yang penting kita sudah mencegah dan melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan secara maksimal untuk mengurangi bau mulut itu.