3 Gerakan Senam Ibu Hamil Tidur, Duduk, dan Berdiri

3 Gerakan Senam Ibu Hamil Tidur, Duduk, dan Berdiri – Ada 3 posisi yang bisa Anda lakukan saat hamil 7 bulan, yakni tidur, duduk, dan berdiri. Pada masa kehamilan yang sudah tua ini, senam sangat diperlukan utamanya untuk memperlancar persalinan. Dan Anda bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di bawah ini di rumah.

3 Gerakan mudah senam ibu hamil 7 bulan

3 Gerakan Senam Ibu Hamil Tidur

Agar lebih aman, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dulu pada ahlinya jika ingin mencoba senam hamil ini. Dengan alasan kesehatan dan keselamatan ibu dan janin yang sedang Anda kandung.

Gerakan tidur

Dalam posisi ini, Anda disarankan untuk menyiapkan karpet dengan bahan busa tipis sebagai tumpuan supaya tubuh tidak terasa sakit. Siapkan pula kursi untuk menunjang gerakan ini. Caranya adalah ambil posisi telentang kemudian kaki Anda diangkat dan letakkan di kursi. Angkat bagian punggung dengan menjadikan siku Anda sebagai tumpuan. Pada posisi ini, Anda harus menahan beberapa detik. Dan lakukan sekitar 8 kali sehari.

Gerakan duduk

Tujuan gerakan duduk ini ada 3, yakni untuk melatih otot, melenturkan, dan mendinginkan tubuh. Pertama, Anda bisa melakukan gerakan senam ibu hamil dengan cara duduk di atas kursi dengan posisi punggung tegak. Kemudian kaki direntangkan sejauh yang Anda bisa. Bawa tangan atau lengan ke bawah (dengan mencondongkan badan ke depan), jatuhkan tangan ke depan. Dan tahan posisi selama beberapa detik.

Kedua, Anda bisa menyiapkan kursi yang empuk dan posisikan duduk Anda dengan nyaman dengan punggung tegak. Sementara itu, taruh tangan Anda di pinggang (keduanya). Luruskan satu kaki Anda dan bagian telapak kakinya ditekuk ke bagian dalam. Tahan posisi 5 detik. Gerakan ini bertujuan untuk melenturkan tubuh.

Ketiga, gerakannya bertujuan untuk mendinginkan tubuh. Sehingga Anda disarankan untuk memilih sofa sebagai tempat duduk supaya bisa makin rileks. Duduklah rileks di sofa dengan punggung bersandar namun lurus. Telapak kaki dipertemukan seolah hendak bersila. Kemudian hitung selama 8 kali. Yang penting adalah Anda rileks dan nyaman dengan posisi ini.

Baca juga gambar model baju senam muslim terbaru.

Gerakan berdiri

Gerakan selanjutnya bisa dilakukan dengan berdiri. Pada posisi ini Anda bisa menguatkan otot dada hanya dengan barbel kecil atau Anda juga bisa membuat barbel sederhana yang berasal dari botol minum berisi air. Pelatihan otot dada ini bertujuan juga untuk menguatkan organ jantung dan paru-paru Anda lho. Gerakannya adalah dengan mengangkat botol air minum (di tangan kanan dan kiri) seperti saat Anda mengangkat barbel.

Selain kesiapan fisik dengan olahraga senam ibu hamil, untuk menyambut persalinan Anda juga butuh persiapan mental. Jadi, rileks dan mencari hal-hal yang nyaman buat Anda amat sangat penting demi lancarnya persalinan Anda nantinya. Selain itu, pilihan makanan sehat juga akan sangat berimbas pada Anda dan bayi.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post