Home » Kesehatan Wanita » Kehamilan » Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang

Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang



Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang – Buat para ibu hamil istilah sungsang sudah tidak asing lagi. Ini berhubungan dengan posisi kepala bayi yang tidak berada pada jalan lahir. Tak elak, banyak ibu hamil yang tidak mau hal ini akan terjadi. Rasa was-was dan khawatir pun normal dirasakan oleh ibu hamil apalagi mereka yang sudah hamil tua atau berusia di atas 6 bulan. Bagaimana sebenarnya kondisi sungsang dan cara pencegahannya?

Begini Gerakan Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Bayi Sungsang

Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang

 

Posisi sungsang

Sebelumnya perlu diketahui bahwa posisi sungsang merupakan posisi yang cukup dikhawatirkan bahkan ditakuti oleh ibu hamil. Sebab jika posisi ini sampai terjadi, maka biasanya salah satu jalan yang harus ditempuh untuk melahirkan bayi adalah dengan operasi Caesar. Dalam posisi sungsang, janin dalam kandungan memiliki posisi yang melintang alias kepala janin tidak mengerah ke jalan lahir sebagaimana mestinya.

Penyebab bayi sungsang

Ada banyak alasan atau sebab posisi bayi sungsang terjadi, di antaranya adalah;

  1. Ibu hamil yang kurang bergerak semasa kehamilan, atau
  2. Air ketuban dalam kandungan yang terlalu banyak sehingga membuat posisi janin dalam kandungan mudah berubah dan akhirnya berubah melintang.

Jika sudah terlanjur, maka mungkin salah satu jalan mengatasinya adalah dengan operasi. Namun pencegahan bisa dilakukan yakni dengan melakukan senam. Bagaimana caranya?

Cara senam ibu hamil untuk cegah sungsang

Berikut adalah beberapa gerakan untuk mencegah sungsang;

  1. Ambil posisi menungging kemudian tekuk kedua tangan Anda
  2. Taruh tangan di samping dada
  3. Posisikan kaki dalam keadaan terbuka
  4. Kepala diletakkan di depan dada sehingga bisa bersentuhan dengan kasur atau alas yang digunakan
  5. Kemudian menoleh ke samping kanan dan kiri lantas buka lengan hingga di samping dada supaya posisi lengan jauh dari dada
  6. Dalam posisi tersebut, tahan selama 10 menit hingga seperempat jam
  7. Jangan lupa atur nafas supaya lebih rileks

Baca juga gerakan senam ibu hamil posisi tidur, duduk, dan berdiri.

Perhatian

Namun, yang harus menjadi perhatian Anda sebelum melakukan senam untuk ibu hamil di atas adalah bahwa Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merawat Anda selama kehamilan. Karena lemah tidaknya kondisi kehamilan Anda diketahui secara langsung oleh mereka dan tentunya terus dalam pantauan.

Beberapa hal di bawah ini juga perlu menjadi pertimbangan sebelum melakukan senam supaya lebih aman buat ibu hamil;

  1. Gerakan senam hamil biasanya sudah disesuaikan dengan kondisi ibu hamil (secara umum) sehingga tidak memerlukan olah fisik berat.
  2. selain berkonsultasi dengan dokter dan bidan, ibu hamil juga perlu tahu kalau sebaiknya senam hamil dilakukan di atas usia kehamilan 6 bulan. Sebab ada kondisi tertentu di mana usia di bawah 6 bulan tidak diperbolehkan dengan alasan mulut rahim lemah, dikhawatirkan akan terjadi pendarahan, atau alasan lainnya.

Demikian senam untuk ibu hamil buat menghindari bayi sungsang. Semoga bermanfaat buat kehamilan Anda.

 

Tags:, , , langkah apa yqng di tempuh bila posisi bayi sungsang, senam bumil yang aman supaya trrhindr dari sungsang, senam ibu hamil, senam simple utuk bayi sungsang supaya normal, senam untuk cegah bayi sungsang.