Home » Gaya Hidup » Cara Senam Kegel Pria yang Baik dan Benar

Cara Senam Kegel Pria yang Baik dan Benar



Cara Senam Kegel Pria yang Baik dan Benar – Jika biasanya senam kegel dilakukan oleh wanita usai melahirkan dengan tujuan untuk mengencangkan kembali otot-otot kewanitaan, kini pria pun juga bisa melakukan hal yang sama. Tujuannya mirip, masih seputar organ tersembunyi mereka. Salah satunya adalah untuk menghindarkan seorang pria dari penyakit EDI. Bagaimana cara senam yang benar?

Berikut 3 Cara Senam Kegel Pria yang Cukup Baik

Cara Senam Kegel Pria yang Baik dan Benar

Pertama, kenali PC dan lakukan senam dengan benar

Anda perlu mengenali PC atau dikenal dengan istilah Pubococcygeus, yakni otot yang berada di sekitar anus yang bisa mengencang ketika ada kontraksi di sekitarnya (ketika disentuh). Jadi, Anda perlu menyentuh otot sekitar anus, dan ketika itu Anda bisa merasakan otot PC bergerak ke atas ketika Anda mengkontraksikan otot tersebut. Namun saat Anda mengendurkannya, otot itu pun akan kembali ke awal. Perlu Anda ketahui kalau penghentian aliran air kencing juga bisa dilakukan dengan menggunakan otot PC ini, namun tidak disarankan dilakukan ketika kandung kemih sedang penuh.

Setelah Anda mengenali otot PC, tahu letak dan memahaminya. Kini saatnya Anda melakukan latihan kegel dengan benar. Caranya adalah dengan mengkontraksikan otot PC selama 5 detik. Kemudian kendurkan kembali selama 5 detik. Lakukan berulang sampai 5 kali berturut-turut. Jika sudah bisa melakukannya dengan baik. Ganti waktu 5 detik tadi menjadi 10 detik. Yakni 10 detik kontraksi, 10 detik dikendurkan.

Kedua, fokus pada otot dasar panggul

Untuk hasil yang maksimal dalam cara senam kegel pria ini, sebaiknya Anda fokus pada otot yang ada di sekitar otot dasar panggul. Fokus dan rutin menjalankan bisa membantu Anda untuk mendapatkan manfaat latihan kegel secara lebih optimal dalam waktu yang lebih sedikit. Jangan sampai fokus Anda pecah pada otot lain seperti bagian paha, perut, atau bahkan pantat.

Ketiga, lakukan 3 kali sehari

Sudah disinggung di atas kalau melakukan latihan kegel secara rutin sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan aturan latihannya adalah dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Masing-masing latihan yang Anda lakukan dalam 3 kali dalam 1 hari itu adalah 10 set. Dengan persiapan sederhana saja. Anda tidak perlu ribet menyiapkan matras atau yang lainnya seperti senam-senam lain, karena senam ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Asalkan kandung kemih Anda tidak penuh.

Senam kegel untuk mengatasi masalah Edi ini bisa dilakukan selama dua bulan hanya jika penyebab dari Edi adalah karena adanya otot dasar panggul yang lemah. Sementara jika bukan itu penyebab terjadinya Edi, maka mungkin Edi masih dirasakan. Namun yang jelas, cara senam kegel pria ini harus dilakukan secara rutin karena tidak bisa memberikan hasil secara instan. Selain melakukan senam ini, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan ahli supaya lebih ada arah karena kondisi detailnya bisa diketahui secara detail.

Tags:, , , , cara senam kegel untuk pria beserta gambarnya, gambar senam kegel pria, tata cara senam kegel yang baik dan benar, tutorial senam kegel, cara senam kegel pria dan gambarnya, senam kegel pria, cara senam kegel pria, foto senam kegel pria, contoh tata cara senam kegel pria, gambar cara senam kegel, gerakan senam kegel pria dan gambarnya, Gambar cara senam kegel pria, cara latihan kegel pria, senam kegel dan gambarnya, senam kegel untuk pria, gambar senam kegel untuk pria, tata cara senam kegel yang benar, tata cara kegel.