Ini Langkah Mudah Senam Otak yang Wajib Anda Coba

Senam otak atau brain gym bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk memberikan efek relaksasi, terutama bagi Anda yang bekerja menguras otak dalam waktu lama. Senam ini akan memberikan latihan untuk mengoordinasikan gerakan mata, tangan, dan tubuh Anda. Gerakan-gerakannya akan berpusat pada 3 dimensi otak, yaitu dimensi lateralitas, dimensi pemfokusan, dan dimensi pemusatan.

Langkah Mudah yang Bisa Anda Coba dsi Rumah untuk Melakukan Senam Otak

Langkah Mudah Senam Otak

Gerakan Menyeberangi Garis Tengah

Gerakan yang disebut juga Midline Movement ini berpusat pada keterampilan yang diperlukan tubuh bagian kanan dan kiri. Ada beberapa macam gerakan yang bisa Anda lakukan untuk melatih gerakan ini. Salah satu gerakan yang bisa Anda coba adalah melakukan gerakan silang.

  • Gerakan silang sambil duduk bisa Anda lakukan dengan menggerakkan tangan dan kaki dengan arah berlawanan.
  • Lalu, sentuhlah kaki yang berlawanan dengan tangan lewat bagian belakang tubuh.
  • Melakukan gerakan sedikit meloncat dalam gerakan ini juga baik untuk menghilangkan stres pada mata.

Sebagai variasinya, Anda juga bisa melakukan gerakan silang sambil menutup mata.

Gerakan Meregangkan Otot

Gerakan ini berfungsi untuk mengembangkan dan menguatkan hubungan saraf-saraf Anda. Dipercaya bisa menyambungkan apa yang telah Anda ketahui di otak bagian belakang dengan kemampuan Anda untuk mengolah sesuatu di otak bagian depan.

  • Contoh gerakan yang bisa Anda coba adalah gerakan burung hantu (the owl). Pertama, pijatlah satu bahu Anda untuk membuat otot leher tidak terasa tegang.
  • Kemudian, gerakkan kepala perlahan ke kiri dan kanan dengan tinggi posisi dagu tetap.
  • Hembuskan napas pada setiap putaran kepala.

Ulangi putaran sampai beberapa kali dan lakukan gerakan ini pada bahu yang lain.

Baca juga Tata Cara dan Manfaat Senam Wajah Untuk Mengencangkan Kulit.

Gerakan Meningkatkan Energi dan Sikap Penguatan

Gerakan ini membantu mengaktifkan kembali hubungan-hubungan saraf antara tubuh dan otak, sehingga akan ada aliran energi elektromagnetis ke tubuh. Salah satu gerakan yang bisa Anda coba adalah gerakan yang berhubungan dengan ballance buttons.

Ballance buttons adalah beberapa daerah di belakang telinga, di lekukan pada batas rambut antara tengkorak dan tengkuk (4-5 cm ke kiri dan kanan dari garis tengah tulang belakang), dan persis di belakang daerah mastoid (processus mastoideus).

  • Pertama, sentuhlah satu ballance button dengan satu tangan dan pusar dengan tangan yang lain selama sekitar 30 detik.
  • Lalu, sentuhlah ballance button yang lain dengan posisi dagu santai dan menghadap ke depan.

Itulah serangkaian gerakan sederhana senam otak yang bisa Anda praktikkan di rumah dari femalist. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda juga bisa mencoba berbagai gerakan senam otak lainnya dengan bantuan ahli. Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan yang kompleks dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan terapis atau dokter agar senam yang Anda lakukan bisa memberikan dampak yang baik untuk keseimbangan otak dan tubuh.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post