Home » Kesehatan Wanita » Kehamilan » Tata Cara dan Manfaat Lengkap Melakukan Senam Nifas

Tata Cara dan Manfaat Lengkap Melakukan Senam Nifas



Senam Nifas adalah serangkaian gerakan yang didesain untuk para ibu setelah melakukan proses persalinan. Senam ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti kondisi normal kembali, serta membuat tubuh terasa segar dan bugar. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada senam ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menguatkan otot pinggul, serta mengencangkan otot perut. Selain itu, senam ini juga sangat baik untuk mencegah terjadinya komplikasi selama si ibu mengalami masa nifas, mengembalikan lagi kondisi rahim seperti semula, serta mencegah terjadinya pembengkakan di kaki.

Tata cara lengkap dan praktis melakukan senam nifas selama enam hari berturut-turut

Tata Cara dan Manfaat Lengkap Melakukan Senam Nifas

Hari Pertama

Posisikan tubuh berbaring di atas matras. Kemudian, ambil napas melalui hidung, tahan selama 3 detik, lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut. Ulangi latihan di atas sampai 5 atau 10 kali. Latihan ini akan membuat peredaran darah dan oksigen dalam tubuh Anda lancar.

Hari Kedua

Posisikan tubuh telentang di atas matras. Lalu, rentangkan kedua tangan Anda sejajar dengan bahu. Tepuklah tangan satu dengan tangan yang lain, begitu juga sebaliknya. Ulangilah gerakan ini sampai 5 atau 10 kali. Gerakan di hari kedua ini berfungsi untuk mengembalikan kembali kekuatan otot-otot lengan Anda.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga, berbaringlah di atas matras dengan posisi kaki ditekuk. Kemudian, angkat sedikit pantat Anda dan tahan selama 3 detik. Ulangi latihan tersebut sampai 5 atau 10 kali. Latihan tersebut akan memperkuat kembali otot-otot pinggul Anda yang sudah melakukan proses persalinan yang berat.

Hari Keempat

Untuk gerakan senam nifas pada hari keempat ini, posisikan tubuh telentang dengan kaki ditekuk. Letakkan kedua tangan di perut dan angkatlah tubuh selama 3 detik. Ulangi gerakan yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot punggung ini sampai 5 atau 10 kali.

Hari Kelima

Untuk gerakan pada hari kelima, posisikan tubuh telentang di atas matras dengan kaki ditekuk. Lalu, angkatlah tubuh dan sentuhlah lutut Anda dengan tangan yang saling berseberangan dengan kaki. Misalnya saja, jika Anda ingin menyentuh lutut kaki kanan, maka gunakan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya. Ulangi gerakan ini secara bergantian sampai 5 kali. Latihan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot punggung, perut dan paha.

Hari Keenam

Posisikan tubuh telentang di atas matras dan angkatlah kaki lurus hingga membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini sampai 5 kali. Latihan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot kaki. Karena pada masa kehamilan kaki Anda dibebani dengan beban yang sangat berat, maka dengan melakukan latihan ini pun kaki akan terhindar dari varises. Baca juga panduan senam hamil 9 bulan supaya lancar melahirkan.

Itulah serangkaian gerakan senam nifas yang bisa Anda jadikan referensi setelah melakukan proses persalinan. Jika Anda melakukan proses melahirkan dengan normal atau tanpa operasi, maka Anda sudah bisa melakukan aktivitas normal setelah 6 jam dari waktu persalinan. Karena itu, Anda bisa langsung mencoba melakukan senam yang memiliki banyak manfaat untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula ini. Selamat berlatih! (AE)

Tags:, , , , langkah-langkah senam nifas dan gambarnya, gerakan senam nifas, gambar senam nifas, senam nifas, senam nifas dan gambarnya, gerakan senam nifas dan manfaatnya, tata cara senam nifas, cara senam nifas, gerakan senam nifas beserta gambarnya, senam nipas, gambar gerakan ibu nifas, cantik tanpa make up waktu hamil, cara senam nifas beserta gambar, prosedur senam nifas, manfaat gerakan senam nifas, langkah-langkah senam nifas beserta gambarnya, Tutorial Senam Nifas, langkah senam nifas.