Home » Kesehatan Wanita » 4 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak yang Bikin Nggak Pede

4 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak yang Bikin Nggak Pede



4 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak yang Bikin Nggak Pede – Kelopak mata yang bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, ujung kelopak mata atau bagian yang paling dekat dengan bulu mata akan membesar, terasa berat, dan kadang juga gatal. Kebanyakan anak kecil mengalaminya setelah bangun tidur. Namun, penyakit ini juga tak jarang dialami remaja dan dewasa. Penyebab umumnya adalah karena kondisi tangan yang kotor, lalu mengucek mata secara berlebihan hingga terjadi infeksi.

Ini dia 4 cara yang dianjurkan untuk mengatasi kelopak mata bengkak

Ini dia 4 cara yang dianjurkan untuk mengatasi kelopak mata bengkak

Air Hangat

Anda bisa mengompreskan handuk kecil atau waslap yang sudah direndam sebentar dalam air hangat untuk mengompres mata. Cara ini bisa Anda lakukan jika infeksi yang terjadi adalah karena bintitan. Cirinya adalah adanya bengkak di ujung kelopak mata atau di bagian yang terdapat bulu mata. Dengan mengompresnya dengan air hangat, bintitan pun akan mengempis secara berkala. Jika Anda memeriksakannya ke klinik kesehatan, biasanya dokter akan mencabut satu bulu mata yang terdapat di sekitar benjolan dengan menggunakan pinset. Ini akan membuat nanah keluar, sehingga benjolan pun akan semakin cepat mengecil.

Air Es

Anda juga bisa mengompres mata dengan handuk atau waslap kecil yang sudah direndam dalam air es. Cara ini bisa Anda lakukan jika peradangan yang terjadi disebabkan karena blepharitis. Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya bakteri di kelenjar minyak yang terdapat di sekitar bulu mata atau bisa juga terjadi karena reaksi terhadap produk kecantikan tertentu. Meskipun sepele, namun sisa make up yang tertinggal di sekitar mata bisa menimbulkan bakteri, sehingga terjadi peradangan. Nah, dengan mengompresnya menggunakan air dingin, peradangan pun akan menghilang secara berkala.

Baca juga cara menghilangkna kantung mata.

Obat Antibiotik

Cara mengatasi kelopak mata bengkak berikutnya adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Biasanya, dokter akan memberikan Anda antibiotik jika masalah yang timbul pada mata adalah konjungtivitis venalis. Penyakit ini disebabkan oleh alergi, sehingga mata mengalami gejala-gejala seperti gatal, berwarna merah, serta mengeluarkan kotoran. Jika Anda mengalaminya, lebih baik konsultasikan pada dokter yang ahli sebelum memberikan perawatan-perawatan sendiri yang dikhawatirkan justru memperparah kondisi mata.

Obat Tetes Mata

Obat tetes mata umumnya juga disarankan oleh dokter jika Anda mengalami konjungtivitis venalis. Rasa gatal pada mata, mata yang berwarna merah, dan adanya kotoran yang keluar pada mata tentu membuat Anda tidak nyaman. Hindari mengucek mata dan hindarkan juga mata dari debu yang bisa membuatnya semakin parah.

Itulah 4 cara yang disarankan untuk mengatasi kelopak mata bengkak yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan pertama pada mata Anda. Pakailah pelindung mata seperti kacamata atau helm ketika berkendara untuk menghindarkannya dari debu. Selain itu, jagalah kebersihan tangan sebelum mengucek mata yang gatal serta kebersihan mata itu sendiri. (AE)

Tags:, , , , , , , bagaimana cara mengatasi mata bengkak karena cabut bulu mata, style untuk menutupi mata bintitan, nggk pede dgn mata ini, menutupi mata bengkak dengan apa, menghilangkan bintitan dan apa ciriny, mata mengempes konjungtivitis, mata bengkak peded, mata bengkak cabut bulu mata, mata bengkak cabut bulu, make up untuk menutupi kulit mata bengkak, kelopak mata bengkak, cara menutup bintitan make up, cara menutup bintitan dengan make up, cara mentutupi bintitn saat pakai krudung, cara menghilangkan benkak pada mata setelah mencabut bulu mata, cabut bulu mata malah kelopak mata bengkak, tutorial make up untuk menutupi mata yg bintitan.