Inilah Cara Memilih Kosmetik Yang Tepat

Cara Memilih Kosmetik – Dewasa ini jenis kosmetik semakin banyak dan menjamur di pasaran, sehingga para konsumen sering dibuat bingung saat harus memilih. Akibatnya, banyak orang yang salah memilih kosmetik karena kurangnya pengetahuan, sehingga impian untuk memiliki tampilan yang cantik harus sirna, dan justru harus menanggung resiko efek samping yang buruk. Hal ini tentu sangat disayangkan dan cukup memprihatinkan, mengingat jumlah pemakai kosmetik di Indonesia sangat banyak.

Cara Memilih Kosmetik
Cara Memilih Kosmetik Yang Tepat

Kurangnya sosialiasi tentang Kosmetik membuat masyarakat bingung dan akhirnya menjadi salah pilih. Bahkan saat ini banyak sekali kosmetik abal-abal dengan harga murah yang dijual di pasaran. Masyarakat sering tergiur dengan harga murah yang ditawarkan tanpa menelisik lebih jauh seluk-beluk kosmetik tersebut. Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk Memilih Kosmetik yang Tepat? Kami akan mengulasnya khusus untuk anda. Selamat menyimak.

Cara Memilih Kosmetik Yang Tepat

Utamakan Produk Berlabel Halal

Langkah ini tentu sangat penting bagi anda yang beragama muslim, karena label halal adalah salah satu syarat suatu produk layak untuk digunakan. Saat ini, banyak sekali jenis kosmetik aba-abal yang beredar di pasaran tanpa produk halal, sehingga cukup meresahkan masyarakat. Supaya anda mengikuti aturan agama dengan baik, sebaiknya lihat dulu kosmetik tersebut, apakah terdapat label halal atau tidak. Jika ada label halalnya, maka sudah dipastikan produk tersebut telah melalui pengujian oleh MUI.

Terdapat Kode Legal

Untuk produk make up, ada lembaga yang mengurus kelegalan produk tersebut yaitu BPOM. Jika suatu produk kosmetik tidak memiliki kode legal dari BPOM, maka sudah dipastikan produk tersebut tidak lolos uji kesehatan, yang artinya tidak ada orang atau pihak yang bertanggung jawab. Hindarilah kosmetik yang tidak memiliki kode legal karena resikonya sangat besar ketika digunakan. Kosmetik jenis ini biasanya dijual dengan harga yang sangat miring di pinggir jalan, dan tidak memiliki Perusahaan yang resmi. Hindari dan waspadalah terhadap kosmetik abal-abal yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Terdapat Petunjuk Pemakaian

Petunjuk pemakaian tentu saja sangat penting, karena berfungsi untuk membimbing kita saat hendak memakai kosmetik tersebut. Dengan adanya petunjuk pemakaiaan, kita akan lebih mudah dalam memakainya dan bisa mendapat hasil yang lebih maksimal. Kosmetik resmi dan berkualitas biasanya selalu menyertakan hal tersebut.

Tercantum Nama dan Alamat Produsen

Suatu Perusahaan kosmetik yang legal dan berbadan hukum sudah pasti akan menyertakan nama dan perusahaan mereka pada kemasan kosmetik. Jika anda menemukan kosmetik yang tidak mencantumkan kedua hal tersebut, maka anda patut waspada karena bisa jadi kosmetik itu tidak memiliki badan hukum.

Itulah beberapa Tips dan Cara Memilih Kosmetik yang Tepat. Semua langkah di atas akan menuntun anda dalam pemilihan kosmetik sehingga anda tidak akan salah pilih. Cara di atas tentu sangat penting untuk dipraktekan oleh anda yang suka membeli kosmetik dan memakainya untuk proses kecantikan. Karena jika anda salah pilh, banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Dampak paling fatal dari kesalahan memilih kosmetik adalah melepuhnya kulit, sehingga membuat tampilan menjadi mengerikan. Jangan biarkan hal buruk semacam itu terjadi pada diri anda, maka dari itu anda harus lebih bijak dalam memilih dan membeli kosmetik di pasaran.

Hindarilah kosmetik yang dijual dengan harga miring dan taruhlah kecurigaan terhadapnya. Ya, banyak penjual kosmetik nakal yang meracik kosmetik dengan bahan baku sembarangan sehingga mereka bisa menjualnya dengan harga murah. Hal inilah yang harus diwaspadai oleh masyarakat supaya tidak terjebak dan tidak mendapat efek buruk. Sekian ulasan dari kami dan semoga bermanfaat.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post