Manfaat Baik Senam Hamil 9 Bulan dan Gerakannya

Manfaat Baik Senam Hamil 9 Bulan dan Gerakannya – Melakukan senam saat sedang hamil tua bisa jadi pemecahan masalah yang cukup baik. Karena hal ini memiliki khasiat yang cukup banyak buat ibu hamil, baik saat mereka masih hamil, maupun saat masa persalinan datang nanti. Apa saja sebenarnya manfaat senam buat ibu hamil, khususnya yang sudah 9 bulan?

Senam hamil 9 bulan: manfaat dan gerakan simpelnya

Manfaat Baik Senam Hamil 9 Bulan dan Gerakannya

Beberapa manfaat dari senam yang dilakukan saat masa kehamilan tertulis dalam ulasan di bawah ini;

Pertama, melatih pernapasan

Salah satu hal yang sangat penting saat ibu sedang mengandung atau saat menjalani persalinan adalah pernapasan yang lancar. Jangan sampai akibat perut yang bertambah besar, pernapasan menjadi terganggu atau bahkan sesak. Sebab pernapasan yang baik sangat dibutuhkan pada saat melahirkan. Dan senam memiliki manfaat yang baik untuk melatih dan memperbaiki pernapasan.

Kedua, latihan otot

Selain pernapasan, yang terlatih saat seorang ibu hamil melakukan senam hamil adalah pengencangan atau pelenturan di otot-otot tertentu yang sangat akan dibutuhkan saat seseorang sedang akan melahirkan. Otot panggul dan perut misalnya, yang memang perlu diperhatikan ketika seseorang hamil dan akan melahirkan, ini harus dilatih dengan melakukan senam hamil 9 bulan.

Baca juga : Manfaat Senam Hamil Untuk Mencegah Bayi Sungsang.

Ketiga, memperbaiki posisi bayi

Ada beberapa kasus di mana bayi yang akan dilahirkan tidak dalam posisi seharusnya. Maksudnya posisi dari bayi itu tidak dalam jalan lahir. Yang seharusnya kepalanya berada di jalan lahir, ini malah sung sang dan menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan karena terkadang mengharuskan seorang ibu harus melahirkan secara operasi Caesar. Akibatnya, keinginan untuk melahirkan normal pun tidak bisa terlaksana. Jadi, sebaiknya ibu hamil sangat memperhatikan dan melaksanakan senam hamil secara rutin sehingga tidak ada masalah di belakang yang akan mengganggu masa persalinan.

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat sedang hamil harus dalam pengawasan ahlinya. Atau paling tidak sudah dikonsultasikan dengan dokter tempat Anda memeriksakan kehamilan Anda. Sehingga akan sangat pas dengan kondisi kehamilan saat itu. Karena sudah bukan rahasia jika setiap kehamilan memiliki kondisi masing-masing dengan berkah masing-masing.

Termasuk jika Anda melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti di bawah ini, yang memang memiliki khasiat yang besar buat memperlancar masa persalinan Anda.

Pertama, duduk bersila

Gerakan ini cukup populer di kalangan ibu hamil, karena mudah dilaksanakan dan bisa dirasakan manfaatnya dengan baik. Selain bisa digunakan untuk melatih pernapasan, otot juga akan terlatih dengan gerakan sederhana ini.

Kedua, merangkak

Gerakan merangkak cukup banyak variasinya, sama seperti duduk bersila. Sangat penting dilakukan untuk melatih otot-otot yang nantinya akan dibutuhkan pada saat melahirkan.

Ketiga, gerakan selain senam (jalan kaki)

Selain gerakan senam, ada latihan sederhana seperti jalan kaki yang bisa menjadi satu cara untuk memperlancar kelahiran jabang bayi.

Jalan kaki yang sederhana menjadi penutup gerakan senam hamil 9 bulan kali ini, semoga bermanfaat.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post