Kumpulan Tips Sehat Bugar Ketika Puasa Ramadhan 2024

Siapa sih yang tidak ingin tahu tips sehat bugar ketika puasa Ramadhan 2024? Tentu semuanya ingin. Sebab bagaimanapun, puasa tidak boleh mengganggu aktivitas kita. Justru dengan berpuasa, seharusnya kita bisa lebih bersemangat dan bisa menjalankan rutinitas sehari-hari secara lebih lancar dan nyaman. Bagaimana caranya agar saat puasa kita tetap bugar dan sehat?

Yuk simak kumpulan tips sehat bugar ketika puasa Ramadhan 2024 1445 H

Kumpulan Tips Sehat Bugar Ketika Puasa Ramadhan

Perhatikan apa yang Anda makan

Salah satu tips dan cara supaya bisa tetap aktif dan sehat ketika sedang berpuasa adalah dengan memilih makanan yang dikonsumsi. Yakni makanan yang nilai gizinya lengkap dan seimbang. Hal ini mudah dilakukan dengan disiplin dari Anda sendiri mulai dari pemilihan bahan makanan saat berbelanja hingga pengolahan makanan tersebut. Misalnya, Anda membuat satu daftar barang belanjaan yang sehat dulu sebelum berangkat ke super market sehingga apa yang Anda beli bisa sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga tubuh Anda selama berpuasa. Yang Anda makan seharusnya adalah makanan-makanan seperti;

  1. Buah dan sayur
  2. Kacang-kacangan atau makanan yang berprotein
  3. Air putih, dan makanan atau minuman sehat lainnya

Selain memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, sebaiknya Anda juga memperhatikan apa saja yang Anda makan dan berapa jumlah atau porsinya. Misalnya air putih, untuk menghindari lemas saat siang karena kekurangan elektrolit tetap minum air dalam jumlah seharusnya, yakni 2 liter dengan jadwal yang tepat. Anda mungkin perlu menuliskan jadwal makan baru sesuai dengan jam makan yang dibolehkan, yakni saat berbuka puasa, jam antara sahur dan buka, serta jam makan sahurnya. Dengan begini, Anda lebih mudah mengevaluasinya. Jadi, rumusnya adalah 3 J, perhatikan jenis makanan yang Anda makan, jumlah makanan yang Anda konsumsi, dan jadwal kapan Anda makan.

Soal jumlah makanan, meskipun sedang lapar, Anda disarankan untuk tidak makan terlalu banyak karena ini juga tidak baik untuk Anda. Di mana seharian Anda tidak makan dan minum karena sedang berpuasa. Baca juga pedoman tampil cantik saat puasa.

Perhatikan aktivitas

Setelah membahas apa yang Anda konsumsi atau kalori yang masuk dalam tubuh, kini saatnya Anda berpikir bagaimana membuat makanan yang sudah Anda konsumsi itu bermanfaat saat berpuasa. Perhatikan efisiensi kalori Anda untuk aktivitas yang penting dan bermanfaat. Hindari tempat-tempat panas selagi bisa supaya tidak membuat Anda susah sendiri nantinya. Jika memang ada waktu untuk tidur, beristirahatlah. Karena selain membutuhkan makanan, Anda juga membutuhkan beberapa jam untuk beristirahat. Pasalnya, saat puasa, sebagian besar dari kita harus bangun lebih awal untuk masak sahur dan atau menyantapnya. Ini kadang membuat kita kurang istirahat/tidur dan berimbas pada kesehatan.

Demikian tips cara sehat bugar saat berpuasa Ramadhan 1445 H dari femalist.com. Semoga bermanfaat.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post