Home » Kesehatan Wanita » Kewanitaan » Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya

Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya



Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya – Senam ini adalah serangkaian gerakan yang dibuat untuk menguatkan beberapa otot tertentu. Otot-otot tersebut yaitu otot panggul, usus halus, kandung kemih, serta rektum. Senam ini bisa dilakukan oleh pria (Cara Senam Kegel Pria) dan wanita dari berbagai usia, namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah senam untuk wanita. Latihan ini pun bisa dipraktikkan oleh ibu hamil dan ibu yang baru melakukan proses persalinan. Gerakan-gerakan dalam senam ini dikenal dengan istilah-istilah seperti jepit-lepas dan kontrak-rilis. Penasaran dengan informasi ini? Yuk simak infonya di bawah ini.

Panduan lengkap tata cara senam kegel wanita beserta manfaatnya untuk tubuh

Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya

Cara Melakukan Senam Kegel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, senam ini akan melatih kekuatan otot panggul, usus halus, kandung kemih, serta rektum. Maka, sebaiknya Anda mengenali dulu otot-otot tersebut sebelum melakukan latihan. Cara untuk mengenali otot ini adalah dengan menghentikan sesaat aliran air seni waktu Anda sedang buang air kecil. Jika Anda berhasil melakukannya, maka Anda sudah memahami gerakan dasar latihan ini. Anda bisa berlatih dengan mengerutkan dan mengendurkan otot selama 5 detik. Ulangilah gerakan ini hingga 4 atau 5 kali. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah waktu untuk menahan otot selama 10 detik, lalu melepaskannya juga sampai 10 detik.

Manfaat dari Senam Kegel

Dengan melakukan cara senam kegel wanita yang tepat, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat.

  • Pertama, otot-otot panggul akan lebih kuat saat Anda menjalankan proses persalinan tanpa operasi.
  • Kedua, dapat mencegah wasir yang sering dialami ibu hamil.
  • Ketiga, dapat mencegah inkontinensi urin (sulit mengontrol buang air kecil) seiring dengan pertambahan usia.
  • Keempat, dapat mencegah keluarnya urin saat Anda batuk atau bersin.

Selain itu, melakukan senam ini secara teratur juga akan membuat hubungan Anda dengan pasangan lebih harmonis.

Waktu yang Baik untuk Senam Kegel

Sebenarnya, tidak ada waktu tertentu yang harus Anda pilih untuk melakukan senam ini. Anda bahkan bisa melakukan latihan kapan saja dan di mana saja Anda berada. Waktu latihan yang dianjurkan adalah 3 set dalam sehari. Anda juga bisa mengulang-ulang setiap set hingga 10 kali agar hasilnya memuaskan.

Itulah ulasan femalist.com tentang tata cara senam kegel wanita beserta manfaatnya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum melakukan latihan ini. Disarankan agar untuk masa-masa awal melakukan senam ini, Anda lebih fokus pada otot-otot panggul. Anda tidak perlu berlatih senam kegel untuk otot paha atau perut ketika masih belajar melakukannya agar hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal. Selain senam kegel di atas, Anda juga bisa mencoba senam-senam lain seperti senam aerobik, senam jantung sehat, atau latihan tai chi sebagai variasi. Selamat berlatih! (AE)

Tags:, , , , , , , contoh tata cara senam kegel, cara senam kegel dan gambarnya, gerakan senam kegel dan gambarnya, gambar senam kegel, Tata Cara Senam Kegel, cara melakukan senam kegel beserta gambarnya, cara senam kegel wanita dan gambarnya, tata cara senam kegel untuk wanita, gambar senam kegel wanita, gambar gerakan senam kegel, cara senam kegel wanita, senam kegel wanita, cara senam kegel, tata cara senam kegel wanita, cara senam kagel, cara senam kegel untuk wanita, gambar dan cara senam kegel, gambar dan tata cara senam kegel.