Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa 2024 Buat Wanita

Persiapan menyambut bulan puasa Ramadhan 2024 1445 H itu sangat penting buat wanita. Sebab dalam sebulan, perempuan memiliki jeda waktu untuk tidak berpuasa karena datang bulan. Tentu saja, persiapan pertama yang harus dijalankan adalah mengganti hutang puasa tahun lalu. Biar puasa tahun ini bisa lebih afdlol dan berkah. Selain persiapan itu, persiapan apa lagi ya?

Beberapa cara mempersiapkan diri menyambut bulan puasa 1445 H 2024 buat wanita

Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa Buat Wanita

Yuk lunasin hutang puasa

Jika Anda masih memiliki hutang puasa yang belum terbayar, maka sebaiknya lunasi dulu. Selain biar puasa makin afdlol. Hal ini juga bisa membentuk kebiasaan Anda selama bulan puasa ke depan. Biar terbiasa untuk bangun sahur, jadi tidak telat (salah satunya).

Persiapan mental

Puasa tidak hanya tentang menahan diri dari makanan dan minuman saja, tetapi juga hawa nafsu, emosi, dan hal-hal negatif lainnya. Siapkan mental Anda untuk terhindar dari iri, emosi saat ada masalah, hasad, ghibah, dan sifat lainnya. Jadikan momentum menyambut bulan puasa dengan mengendalikan diri sebaik mungkin supaya nanti lebih bisa fokus serta khusyu’ menjalankan ibadah puasa.

Buat jadwal baru

Jam kerja baru, disiplin baru, dan jadwal baru. Ya, bulan Ramadhan membutuhkan perlakuan khusus, utamanya dalam hal seperti ini. Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur, berangkat kerja lebih pagi namun pulang lebih awal untuk menyiapkan buka puasa. Yang terpenting, di tengah kesibukan Anda, tetap ada waktu yang harus Anda siapkan untuk bersilaturahmi, beribadah secara lebih serius dan banyak. Jadi, jadwal baru ketika bulan Ramadhan bisa disiapkan dari sekarang.

Siapkan sedekah dari sekarang

Waktu yang paling afdlol untuk bersedekah adalah saat bulan Ramadhan. Untuk itu, mulai sekarang mumpung stamina masih bagus dan tidak berpuasa di siang hari, mari buka lemari dan cari pakaian yang masih layak pakai untuk dikumpulkan dan disedekahkan saat bulan Ramadhan tiba. Anda juga bisa mulai menyisihkan uang belanjaan, uang gaji Anda, untuk dibagikan ke fakir miskin sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Fisik penting untuk disiapkan

Bulan puasa membutuhkan mental yang kuat dan fisik yang tahan banting. Pembuatan jadwal saat bulan Ramadhan memang sedikit bisa membantu Anda untuk mengelola pemakaian tenaga dan fisik Anda. Namun, ada baiknya Anda juga bersiap fisik yang sehat dari sekarang. Jaga kondisi tubuh dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang membahayakan supaya ibadah di bulan puasa bisa lancar sesuai dengan harapan.

Itulah beberapa tips persiapan menyambut bulan Ramadhan 1445 H 2024 yang bisa dipraktekkan bagi ibu rumah tangga, wanita karier, dan perempuan lainnya.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post