Beli Baju dan Jilbab Online? Kenali 5 Jenis Kain yang Trend 2018

Jenis Kain Baju dan Jilbab – Membeli baju dan jilbab secara online kini sudah menjadi trend baru bagi kaum milenial. Tak peduli usia dan jenis kelamin, mayoritas mereka lebih nyaman berbelanja pakaian secara online. Karena lebih menghemat waktu, shopping online juga tidak capek dan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu jam buka toko.

Saya termasuk satu dari sekian banyak orang yang lebih suka berbelanja online.

Meski lebih menghemat waktu dan tenaga, bukan berarti tidak ada kendala saat saya berbelanja online. Khususnya pakaian atau produk garmen lainnya.

Salah satu kendala tersebut adalah soal ukuran dan bahan.

Kalau soal ukuran, solusinya cukup mudah, saya tinggal membeli meteran dan mengukurnya. Kemudian membeli pakaian yang sesuai dengan kebutuhan saya.

Namun soal bahan, lain lagi cerita.

Kain memiliki jenis yang beragam dan rasanya kalau tidak memegangnya kurang puas. Salah beli, bisa bikin kecewa. Hal seperti itu pernah terjadi dan saya tidak mau sampai terulang lagi.

5 Jenis Kain Populer Saat Membeli Baju Muslim dan Hijab secara Online – 2018 1439 H

Bagaimana cara saya supaya tidak kecewa lagi saat membeli pakaian dan hijab muslim secara online? Pengetahuan tentang jenis kain berikut adalah salah satu solusi yang bisa meminimalkan kemungkinan untuk salah dalam berbelanja baju muslim online.

Kain premium jaguart / jacquard

Secara kasat mata, kain jenis ini terlihat lebih mengkilap seperti ada blink-blink, dengan motif yang timbul. Motif ini bentuknya beraneka macam, mulai dari bunga, abstrak, hingga geometris.

Premium Jaguart Jenis Kain Baju dan Jilbab Online

Kain jacquard berasal dari proses tenun dengan menggunakan mesin jacquard sesuai dengan nama penemunya Joseph Marie Jacquard.

Bahan dasar kain yang ditenun menjadi kain jenis ini ada banyak, mulai dari katun, wool, hingga polyester. Namun secara umum, bahan poliesterlah yang dipilih untuk kain premium jaguart.

Karena itu, ciri kain premium jaguart ini dari segi kenyamanan hampir sama dengan polyester. Yaitu tidak mudah menyerap keringat, agak kaku, namun tetap jatuh dan tidak membentuk lekukan tubuh. Kain ini juga tidak terawang saat digunakan.

Kain jenis ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuat baju muslim, khususnya pesta karena ada kilaunya.

Kain Balotelli

Kain balotelli menjadi bahan baju yang sedang hits tahun 2018 2019. Pilihan busana muslim lebaran 1439 H nanti sepertinya akan banyak yang menggunakan kain jenis ini.

Balotelli Jenis Kain Baju dan Jilbab Online

Dari pengalaman saya menggunakan kain balotelli, kain ini sangat nyaman digunakan, adem, jatuh, dan cukup menyerap keringat. Bahan kain ini sangat cocok untuk membuat gamis, baju, bahkan baju koko pria muslim terbaik.

Yang menguntungkan buat saya (karena saya ibu-ibu yang rempong), kain balotelli ini tidak mudah kusut dan mudah sekali untuk disetrika. Jadi, aman kalau misalnya sedang terburu-buru dan tidak sempat setrika. Paling kusutnya hanya sedikit dan itu masih bisa ditutupi.

Secara tampilan, kain balotelli ini memiliki tekstur seperti garis-garis dan tidak terawang.

Kain maxmara

Kain maxmara juga menjadi salah satu jenis kain yang sedang trend 2018 ini, khususnya dalam pembuatan jilbab.

Maxmara Jenis Kain Baju dan Jilbab Online

Motif kain maxmara sangat menarik dengan pilihan warna beragam, mulai dari soft atau lembut hingga warna cerah yang tetap enak dilihat.

Saat menggunakan jilbab/hijab dengan kain maxmara, yang saya rasakan pertama kali adalah adem. Meski licin, kain ini tetap mudah dibentuk. Agar tidak mudah bergeser dan model jilbab saya tetap rapi, saya menggunakan dalaman jilbab rajut.

Saat ada angin kencang, saya tidak perlu berusaha keras untuk mengamankan jilbab karena bahan maxmara yang jatuh dan tidak ringan. Kelebihan lainnya, bahan ini juga aman buat pendengaran, lho!.

Kain jersey

Salah satu bahan yang banyak dijumpai di deskripsi produk baju, busana, bahkan gamis muslim online adalah jersey. Bahan ini sudah mulai dikenal sejak lebaran tahun 2015 2016. Dan sampai tahun 2018 ini bahan jersey masih menjadi salah satu pilihan yang bijak. Mengapa demikian?

Jersey Jenis Kain Baju dan Jilbab Online

Kain jersey sangat cocok digunakan untuk kaos atau gamis. Kain ini elastis dan sangat jatuh. Saya pribadi lebih memilih mengombinasikan jersey dengan bahan kain lain jika dipakai. Alasannya, bahan jersey jatuh dan kadang bisa memperlihatkan lekuk tubuh.

Jika Anda tidak ingin mengombinasikan dengan bahan lain, misal: katun. Sebaiknya pilihlah baju muslim berbahan jersey yang ukurannya lebih besar. Jadi tidak terlalu ketat di badan dan tetap aman dari segi syari’at.

Kain katun

Sudah sejak lama kain katun menjadi primadona. Kain katun memiliki grade yang berbeda-beda. Untuk itu, saat membeli busana muslim online berbahan katun, Anda harus benar-benar membaca dan mengenali deskripsi produknya.

Katun Jenis Kain Baju dan Jilbab Online

Sebab meski secara umum kain katun bisa menyerap keringat, kain katun dengan grade terendah justru tidak begitu nyaman saat digunakan karena terasa panas.

Itulah beberapa jenis kain yang harus Anda tahu sebelum membeli baju dan jilbab secara online. Masih banyak jenis kain lainnya seperti brokat, sifon, dan hycon yang juga biasa dipilih oleh produsen pakaian muslim, di antaranya gamis, baju koko, busana, hingga jilbab atau hijab.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

Related Post