Tips Memilih Toko Online di Instagram yang Tepercaya

Kali ini saya akan membagi tips memilih toko online di instagram yang populer dan tepercaya. Apa yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman dalam berbelanja online.

Begini tips berbelanja online atau memilih toko online terbaik se-instagram

Tips Memilih Toko Online di Instagram yang Tepercaya

Referensi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah meminta referensi, baik dari teman maupun keluarga. Cari yang sudah biasa atau sering belanja online. Kalau belum pernah belanja sama sekali ya useless.

Biasanya mereka akan memberikan beberapa referensi sesuai dengan pengalaman mereka berbelanja di toko tersebut. Bagaimana tingkat respons, pelayanan, kenyamanan saat membeli, hingga kualitas produk yang dibeli.

Ketika Anda mendapatkan beberapa pilihan toko online sebagai referensi, tugas Anda selanjutnya adalah memilihnya.

Kualitas foto

Bukalah akun IG dari referensi yang Anda dapatkan satu per satu, lihat bagaimana kualitas gambar dan caption atau deskripsinya. Jangan lupa juga untuk membaca bio yang ada di akun IG tersebut. Jika akunnya digembok, sebaiknya follow dulu.

Di bio biasanya akan ada tulisan Real Pict atau bukan. Kalau bukan real pict, tanyakan berapa persen tingkat kemiripannya. Namun, saya sarankan untuk memilih akun IG yang memberikan real pict karena lebih tepercaya.

Jangan terpaku dengan jumlah follower

Follower atau pengikut banyak tidak mengartikan bahwa produk yang dijual di toko tersebut bagus dan berkualitas. Maka dari itu, jangan hanya fokus pada followernya saat memilih toko online.

Baca juga : Ini Nih Tips Berbelanja Baju Lebaran Murah untuk Keluarga

Baca komentar

Sempatkan waktu beberapa menit untuk melihat keseluruhan foto. Pilih dua atau tiga foto yang komentar dan like nya banyak lalu buka dan baca.

Jika isi dari komentar masih seputar pertanyaan berapa harga barang, maka sebaiknya cari foto dengan komentar yang berisi review produk atau minimal pelayanan toko tersebut.

Anda mungkin mengenal toko itu dari referensi, tapi melihat apa kata orang lain (pelanggan lain) tentang toko itu melalui kolom komentar tidak ada salahnya. Justru akan lebih meyakinkan Anda jika banyak yang memberikan komentar positif tentang produk yang dijual di toko itu.

Kecepatan respons atau feedback

Kecepatan respons penjual adalah salah satu pengukur kualitas toko online. Jika respon toko cepat, maka Anda akan dengan cepat pula mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda. Artinya, Anda tidak perlu berlama-lama menemukan apa yang Anda cari dan memutuskan untuk membeli.

Sebaliknya, jika respon toko lambat, maka pembeli juga akan kehilangan banyak waktu hanya untuk menunggu respon tersebut. Artinya, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama dalam memilih produk, bertanya, hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Cek kontak menyeluruh, termasuk web

Pada saat membaca bio, cek apakah ada kontak yang bisa dihubungi. Apakah kontak tersebut lengkap atau tidak. Kontak di bio instagram biasanya berisi nomor WA hingga website.

Jika ada, segera simpan nomor WA nya agar bisa Anda hubungi sewaktu-waktu. Beri nama yang jelas. Agar bisa dicari dengan mudah.

Jika ada website, kunjungi websitenya untuk melihat secara detail informasi toko online tersebut. Sebab informasi yang ada di bio biasanya merupakan informasi ringkas. Sementara di website, Anda bisa melihat toko online tersebut secara menyeluruh karena pemilik toko tidak dibatasi dengan jumlah karakter.

Anda pun bisa melihat bagaimana profil lengkap, alamat toko, hingga kontak BBM (jika ada) melalui website toko online tersebut.

Apakah punya toko offline?

Penting kiranya untuk menanyakan apakah toko online itu punya toko offline atau tidak. Sebab jika ada dan lokasinya dekat, Anda bisa berkunjung saat waktu luang.

Jika memang tidak ada atau jauh dari lokasi Anda juga bukan berarti toko tersebut tidak bisa dipercaya.

Tips memilih toko online di instagram yang tepercaya bisa dibilang gampang-gampang sulit. Sebab urusan kepercayaan itu menyangkut keterikatan antara penjual dan pembeli. Meski mendapat referensi, belum tentu Anda bisa cocok juga dengan pembeli yang sama dengan pilihan saudara atau teman Anda.

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post