Ibu Smart Manfaatkan e-Commerce dengan Cermat dan Tepat

Selain sosial media, pengguna internet kini juga disuguhi dengan beragam e-commerce atau toko online. Mulai dari toko kebutuhan rumah tangga hingga tiket. Hal positif yang bisa diambil dari kemajuan ini tentu adalah kemudahan.

Yups, kita para ibu-ibu semakin dimudahkan dalam hal bersosialisasi dan jual beli melalui toko online.

Kemudahan ini jugalah yang amat sangat saya rasakan. Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan, keberadaan e-commerce sangat bermanfaat. Utamanya saat sedang membutuhkan barang keperluan pasca melahirkan. Seperti baju menyusui, keperluan bayi, dan yang lainnya.

Penawaran yang beragam, diskon yang menggiurkan, dan promo yang selalu up to date bisa membuat saya lebih tenang dalam masa pemulihan pasca lahiran.

Namun, sebagai pembeli sekaligus ibu, kita harus smart dan cermat saat berbelanja secara online.

Di sini, saya akan membagi pengalaman saya berbelanja di toko online hanya dengan memanfaatkan gadget di saat saya masih sibuk mengurus rumah dan menyusui si kecil.

Pengalaman berbelanja online di e-commerce yang trusted pasca melahirkan

Ada banyak kebutuhan seorang ibu setelah melahirkan. Mayoritas ibu-ibu memilih berbelanja sebelum si kecil lahir agar lebih simpel dan mudah. Namun, kadang ada saja barang yang kurang, keselip ini dan itu.

Dari pengalaman saya, di antara barang yang biasanya lupa tak terbeli sebagai persiapan jelang lahiran adalah;

Baju menyusui

Baju Menyusui

Saking fokusnya ke bayi, kita kadang lupa pada kebutuhan diri sendiri. Seperti yang saya alami, setelah melahirkan saya tidak punya banyak stok baju menyusui yang bisa mendukung aktifitas saya di dalam dan di luar rumah.

Lalu, apa yang saya lakukan?

Dengan gadget yang saya miliki, saya mulai berselancar di salah satu toko online terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia. Memilah dan memilih mana yang tepercaya dan menyediakan barang kebutuhan seorang ibu secara lengkap. Saya pun menemukan salah satu toko baju muslim menyusui yang pas.

Dalam toko itu tersedia banyak sekali jenis gamis dan baju muslim yang tersedia. Mulai dari baju muslim untuk perempuan, hingga gamis untuk lelaki pun ada. Pilihannya sangat banyak. Jadi, selain bisa beli untuk diri sendiri, saya pun bisa sekalian beli baju buat suami. Tinggal klik satu dua kali, selesai.

Selain itu, e-commerce ini juga bisa diakses dengan cepat, tidak lemot sama sekali. Jadi proses jual beli bisa dilakukan dengan cepat sambil mengurus si kecil.

Deskripsi produk juga dibuat sedetail mungkin. Dari harga, ukuran (termasuk panjang baju), bahan, dan gambarnya pun asli.

Ada fitur filter untuk memilih produk. Bisa difilter berdasarkan harga, produk terlaris, dll. Semuanya mempermudah kita dalam berbelanja.

Hijab / jilbab menyusui

Selain baju, jilbab juga jadi kebutuhan ibu menyusui yang sering terlupa. Lho, kok bisa?

Saat menyusui, saya baru sadar akan pentingnya jilbab lebar. Selain syar’i, jilbab lebar juga bisa dimanfaatkan untuk menutup aurat saat sedang menyusui.

Biasanya ukuran jilbab saya memang sudah menutup dada. Namun, ukuran ini ternyata tak cukup membuat saya nyaman saat sedang menyusui. Jadi, saya pun mulai berpikir untuk membeli jilbab dengan ukuran yang lebih aman buat saya.

Atau kadang saya juga memakai pasmina biasa dengan pilihan model yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat itu.

Sepatu bayi / anak

Saat mempersiapkan kelahiran anak, saya hanya prepare kaos kaki, dan lupa kalau bayi juga butuh sepatu, prewalker misalnya.

Saya pun mulai mencari di market place yang sama dan menjumpai beragam toko yang jual sepatu anak perempuan.

Yang membuat saya makin senang adalah;

Di toko ini ada banyak jenis sepatu yang bisa saya pilih, semua modelnya anti mainstream. Bisa jadi jika saya membeli di toko yang dekat rumah, belum tentu ada modelnya. Naluri saya sebagai ibu sekaligus perempuan pun tergoda.

Sepatu Anak

Bingung memilih karena rasanya semuanya bagus. Tapi itulah seni berbelanja.

Jika biasanya kita mengajak teman atau keluarga untuk berbelanja bareng agar bisa saling memberikan saran saat bingung memilih. Kini kita bisa sekalian memanfaatkan sosial media untuk share picture dan tanya pendapat. Mudah, bukan?

Sama dengan saat membeli baju muslim, saat beli sepatu pun saya bisa melakukan filtering harga, brand, warna, lokasi pengiriman, ekspedisi, hingga rating dari sebuah produk.

Terlebih, informasi penjualnya pun jelas sehingga kita tidak perlu takut akan toko abal-abal. Kalau memang masih ragu, situs yang saya kunjungi itu juga memberikan statistik data yang akurat untuk penjualnya.

Statistik ini berisi persentase transaksi sukses, jumlah produk yang terjual, persentase chat yang dibalas dan dalam waktu berapa lama, hingga diskusi produk.

Saya pribadi merasa sangat terbantu dengan bagian diskusi produk. Karena dengan melihat pendapat para pembeli di kolom inilah saya bisa memutuskan beli atau tidak.

Itulah pengalaman saya membeli produk pasca lahiran secara online. Ingat untuk tetap teliti dan cermat saat membeli ya Moms!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *