4 Langkah Senam Pilates yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Senam Pilates adalah serangkaian gerakan yang memadukan latihan fisik dan konsentrasi pikiran. Teknik ini bisa melatih keseimbangan antara pikiran dan raga. Gerakan-gerakan dalam senam ini menggabungkan latihan pernapasan, relaksasi, dan peregangan yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Dengan melakukan senam ini secara teratur, tubuh Anda pun akan terasa rileks dan kencang. Gerakan-gerakannya yang mudah dan beragam pun membuat latihan ini terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Berikut ini 4 langkah mudah untuk berlatih senam pilates yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Senam Pilates yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Senam untuk Kaki

Pertama, berbaringlah telentang di atas matras. Rentangkan kedua tangan ke samping tubuh dan tarik napas secara perlahan. Kemudian, angkatlah kaki Anda hingga membentuk sudut siku-siku atau tegak lurus. Saat mengangkat kaki dan membentuk sudut 90 derajat, Anda harus menghembuskan napas. Lanjutkan dengan menurunkan kaki pelan-pelan saja sambil menarik napas dalam-dalam. Ulangi gerakan senam untuk kaki ini sampai 5 kali untuk masing-masing kaki. Lalu Anda bisa beristirahat selama 1 menit, dan mengulangi gerakan tersebut lagi.

Senam untuk Glutes (Otot Bagian Pinggul)

Posisikan tubuh telentang di atas matras, lalu rentangkan kedua tangan di samping tubuh. Tarik napas sambil posisikan kaki menekuk 45 derajat. Lalu, angkat otot glutes sambil menghembuskan napas. Masih dengan posisi ini, posisikan kaki saling menyilang. Turunkan kaki dan ulangi gerakan untuk kaki yang lain. Ulangi gerakan senam pilates ini selama 2 set (terdiri dari 5 gerakan pengulangan untuk setiap kaki dan istirahat 1 menit).

Senam untuk Perut

Posisikan tubuh telentang dengan kedua tangan di bawah leher dan kaki rapat vertikal. Lalu, kerutkan pusar ke dalam, diikuti dengan menarik napas sambil mempertahankan posisi semula. Sedikit turunkan kaki hingga membentuk sudut 45 derajat sambil menghembuskan napas. Angkat sedikit kepala dari matras. Sambil mengembalikan kaki ke posisi semula, hembuskan napas perlahan. Ulangilah gerakan tersebut sampai 8 kali, lalu istirahat 1 menit, lalu ulangi lagi.

Senam untuk Lengan

Posisikan tubuh telungkup dan rentangkan kedua tangan, lalu tarik napas. Angkat tangan Anda perlahan, kemudian tumpukan beban tubuh ke kedua tangan sambil menghembuskan napas. Rasakan tekanan pada otot perut saat Anda meregangkan tubuh. Ketika melakukan posisi ini, pastikan kepala Anda selalu dalam posisi lurus. Ulangilah gerakan ini sampai 5 kali, lalu istirahatlah 1 menit.

Baca Juga Panduan Senam Jantung Sehat.

Selama melakukan senam pilates ini, pastikan Anda dalam kondisi santai dan tidak terburu-buru. Latihan ini tidak memakan waktu lebih dari 30 atau 40 menit dalam sehari, jadi akan lebih baik jika Anda bisa melakukannya dengan teratur. Anda juga bisa mengajak teman-teman Anda untuk melakukan senam ini bersama-sama agar lebih bersemangat. Dengan melakukan latihan secara teratur dan diimbangi dengan pola makan seimbang serta gaya hidup sehat, Anda pun akan merasakan perubahan positif dalam tubuh Anda. Mulailah dari sekarang! (AE)

Salam, Femalist.com

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post