Tata Cara Lengkap Melakukan Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat adalah serangkaian gerakan yang didesain untuk melatih kekuatan jantung, gerakan otot besar, dan kelenturan sendi. Senam ini juga difokuskan untuk memompa oksigen sebanyak mungkin ke dalam jantung. Senam ini terdari dari lima seri dengan beban latihan yang semakin meningkat di setiap serinya. Selain dapat melenturkan otot dan sendi, gerakan-gerakannya juga bisa memberikan kekuatan pada otot-otot tangan dan kaki.

Saat melakukan senam ini secara bersama-sama, umumnya posisi dimulai dengan sikap sempurna. Lalu, pemimpin senam akan mempersilakan peserta untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Berikutnya, persiapan dilanjutkan dengan menghitung denyut nadi. Cara melakukannya adalah dengan memposisikan jari telunjuk dan jari tangan kanan pada nadi radialis di lengan kiri. Anda bisa merabanya di pergelangan tangan kiri selama sepuluh detik. Setelah persiapan selesai, Anda bisa memulai gerakan senam.

Nah, simak tata cara melakukan senam jantung sehat yang mudah, menyenangkan, dan menyehatkan berikut ini

Tata Cara Lengkap Melakukan Senam Jantung Sehat

Gerakan Pemanasan

Gerakan ini dimulai dengan menundukkan kepala dan memiringkan kepala ke kanan dan kiri. Lalu, dilanjutkan dengan mengangkat bahu, menekan kedua telapak tangan, serta menarik jari-jari tangan. Gerakan berikutnya adalah memutar badan ke kanan dan kiri, yang dilanjutkan dengan menarik kedua bahu dan merentangkan tangan. Kemudian, dilanjutkan dengan memutar sisi tubuh, memutar badan, dan membungkukkan badan. Gerakan ini ditutup dengan melangkahkan kaki secara serong, mengangkat kaki bergantian, dan menekuk kaki ke belakang.

Gerakan Inti

Gerakan ini dimulai dengan jalan di tempat, lalu menggerakkan kepala dan bahu. Kemudian, dilanjutkan dengan jalan di tempat, merentangkan tangan, dan mendorong lengan. Gerakan berikutnya adalah jalan di tempat, merentangkan tangan, dan mengangkat kedua lengan. Selanjutnya, jalan di tempat, merentangkan tangan, dan menggerakkan badan. Lalu, jalan di tempat, merentangkan tangan, menarik lutut, dan mengayunkan kaki. Gerakan ini ditutup dengan lari di tempat dengan berbagai variasi gerakan yang lain.

Gerakan Pendinginan

Gerakan pendinginan pada senam jantung sehat diawali dengan membuka kaki kanan selebar bahu dan membungkuk. Lalu, gerakan dilanjutkan dengan memutar badan dan kaki ke kanan dan kiri. Kemudian, diikuti dengan gerakan memutar badan ke kanan dan kiri. Gerakan penutupnya adalah meluruskan lengan dan kaki. Lakukan gerakan-gerakan di atas dengan iringan musik agar lebih menyenangkan.

Baca juga Panduan Senam Otak dan Langkah Senam Wajah.

Nah, itulah serangkaian gerakan yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk melakukan senam jantung sehat. Ingat, sebelum melakukan senam ini, femalist.com sangat menganjurkan bagi Anda untuk melakukan pemanasan seperti jogging atau jalan di tempat agar suhu tubuh naik. Pemanasan ini akan membuat tubuh tidak kaku, sehingga kemungkinan mengalami cedera akan semakin kecil. Dianjurkan juga untuk melakukan senam ini di luar ruangan agar Anda bisa menghirup udara segar saat mempraktikkannya. Agar lebih bersemangat, Anda bisa melakukan senam ini secara beramai-ramai. (AE)

Setuju/Nggak? Komen yuk, biar femalist tahu pendapat kalian!

avatar
  Subscribe  
Notify of

Related Post